TEKNOLOGI NANO

Nanoteknologi mencakup pengembangan teknologi dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai100 nm (satu nanometer sama dengan seperseribu mikrometer atau sepersejuta milimeter). Istilahini kadangkala diterapkan ke teknologi sangat kecil. Artikel ini membahas nanoteknologi, ilmunano, dan nanoteknologi molekular “conjecture”. Istilah nanoteknologi kadangkala disamakandengan nanoteknologi molekul (juga dikenal sebagai “MNT”), sebuah conjecture bentuk tinggi nanoteknologi dipercayai oleh beberapa dapat dicapai dalam waktu dekat di masa depan, berdasarkan nanosistem yang produktif.
Nanoteknologi molekul akan memproduksi struktur tepat menggunakan mechanosynthesis untuk melakukan produksi molekul. Nanoteknologimolekul, meskipun belum ada, dipromosikan oleh para pendukungnya nantinya akan memilikidampak yang besar dalam masyarakat bila benar-benar jadi. Chip Terkenal di Dunia. Masadepan akan terlihat semakin kecil. Berbagai perangkat chip akan diciptakan seukuran molekuldan atom. Di sinilah dimulai era teknologi Nano.
Richard Feynman, seorang ahli Fisika dan peraih penghargaan Nobel, sudah membayangkan benda-benda dalam ukuran terkecil. Ketika model kalkulator saku masih belum terwujud, Feynman telah mulai memikirkan sebuah temayang menggemparkan dunia iptek, yaitu komputer Nano.Dalam makalah yang disampaikannya di depan Asosiasi Fisikawan Amerika 40 tahun lalu(tepatnya pada 29 Desember 1959), Feynman membahas bagaimana menciptakan struktur terkecil, dan apakah computer dapat bekerja dalam ukuran atom yang kecil.
Sampai sekarang 11tahun setelah ia meninggal ± gagasan Feynman tentang teknologi nano yang futuristis tersebutmasih dikagumi kalangan ilmuwan. Istilah Nano berasal dari bahasa Yunani yang berarti kurcaci.Dalam fisika istilah ini digunakan sebagai satuan ukuran (lihat box) yang awalnya hanya sebesar sepersemiliar meter (1/1.000.000.000). Tidak terbayangkan kecilnya! Sebuah Nanometer (nm)adalah sepersemiliar meter atau sepersejuta milimeter.
Sebagai perbandingan: Sehelai rambutmanusia pun masih 10.000 kali lebih tebal dari satuan ini, atau sama dengan 3 sampai 5 atom.Teknologi Nano ini sering digunakan untuk mendukung cara kerja chip mikroelektronik yang berukuran sangat kecil ± tidak terlihat oleh mata manusia. Salah satu contohnya adalah dalam pembuatan transistor terkecil masa kini berukuran sekitar 200 nm. Ukuran ultra kecil ini puntidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa. Untuk itu dibutuhkan mikroskop raster elektron agar detil transistor dan chip dapat terlihat. Bila kemajuan dalam teknologi informasi terus berlanjut,maka dalam 15 tahun komponen elektronik akan diciptakan dalam ukuran 10 kali lebih kecil,menjadi sekitar 10 nm. Ini sebanding dengan deretan 40 atom.
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!