Mekanisme kerja otak Manusia

Mekanisme kerja otak Manusia
otak2Otak manusia terbagi atas dua bagian yaitu otak belahan kiri dan otak belahan kanan. Otak belahan kiri berfungsi untuk menganalisa, menghitung, mengevaluasi dan memutuskan apa yang boleh diterima atau tidak dan apa yang harus dilakukan oleh seseorang. Fikiran sadar atau Consious Mind yang berfungsi sebagai filter bagi perbuatan seseorang berada pada otak belahan kiri ini. Otak belahan kanan berfungsi untuk menyimpan memori jangka panjang, menggerakan saraf motorik yang mengendalikan gerak jantung, kedipan mata, mengatur mekanisme tubuh, citra diri, dan lain sebagainya. Fikiran bawah sadar atau Unconsious Mind yang mengedalikan kehidupan seseorang terdapat pada otak belahan kanan ini.
Perilaku manusia dibentuk oleh apa yang dominan berpengaruh pada fikiran bawah sadarnya. Fikiran bawah sadar tersebut dibentuk oleh apa yang dilihat oleh mata dan apa yang didengar oleh telinga. Apa yang dilihat dan didengar diolah oleh fikiran sadar, setelah diberi penilaian baik atau buruk selanjutnya disimpan dalam memory fikiran bawah sadar. Dalam keadaan tertentu adakalanya pengaruh dari yang dilihat dan didengar tersebut masuk kedalam fikiran bawah sadar tanpa sempat diberi penilaian baik atau buruk. Ia akan tertanam kuat dan dianggap sebagai kebenaran mutlak, tidak perduli apakah pengaruh itu benar atau salah, baik atau buruk. Pengaruh yang telah tertanam kuat itu akan menjadi sikap hidup orang yang bersangkutan.
Jika pengaruh yang tertanam adalah pengaruh buruk, fikiran sadarpun sulit untuk mengatasinya. Banyak orang yang tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan, namun mereka tidak bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Para pecandu Narkoba, judi, zina, pencuri tahu bahwa perbuatan mereka tidak baik, namun mereka telah terbelenggu oleh pengaruh yang tertanam didalam fikiran bawah sadarnya. Fikiran sadarnya tidak berdaya melarang semua keinginan yang muncul dari fikiran bawah sadar, karena fikiran sadar memang hanya punya kekuatan 12 % dibandingkan dengan fikiran bawah sadar.
Mengubah suatu pengaruh yang sudah tertanam didalam fikiran bawah sadar bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan usaha yang tekun dan ulet. Fikiran bawah sadar harus diformat ulang (Reprograming), hapuskan program yang lama, tanamkan program yang baru. Tindakan ini kadangkala disebut juga tindakan cuci otak (Brain washing) Ini membutuhkan tehnik dan seni tersendiri. Hypnoterapi adalah salah satu cara yang banyak digunakan orang untuk memprogram ulang fikiran bawah sadar ini.
Seni mempengaruhi fikiran bawah sadar
Fikiran bawah sadar tidak pernah mampu membedakan antara baik dan buruk ,salah atau benarnya suatu informasi atau saran yang masuk kedalam dirinya. Baginya saran atau informasi yang datang adalah suatu kebenaran mutlak yang harus dilaksanakan. Pertimbangan baik buruk atau salah benarnya suatu informasi atau saran yang masuk kedalam fikiran bawah sadar berada pada fikiran sadar. Namun karena keterbatasannya, kadangkala fikiran sadar bisa dikecoh atau dibuat lemah sehingga tidak bisa berfungsi memfilter informasi atau saran yang datang.
Gerbang masuk Fikiran bawah sadar menyempit dan tertutup ketika Otak manusia berada pada kondisi Beta ( Frekwensi 14-100 Hz ), sementara pada waktu itu Fikiran sadar sedang aktif dan memiliki kekuatan maksimal untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Ketika otak manusia berada pada kondisi Alfa (Frekwensi 8-14 Hz) , Fikiran bawah sadar mulai melemah, sementara gerbang Fikiran bawah sadar terbuka lebar dan siap menerima semua informasi dan saran yang masuk. Inilah saatnya pengaruh dan informasi dapat masuk dan tertanam didalam fikiran bawah sadar tanpa bisa difilter oleh fikiran sadar. Kondisi inilah yang banyak digunakan oleh para Terapis dalam menterapi clientnya atau oleh para ahli hypnotis dalam membuat pertunjukan atau tontonan yang menarik.
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!