ORANG YANG BERTEMAN DENGAN SYETAN



36- Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. 37- Dan sesungguhnya setan-setan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk. 38- Sehingga apabila orang-orang yang berpaling itu datang kepada Kami (di hari kiamat) dia berkata: “Aduhai, semoga (jarak) antaraku dan kamu seperti jarak antara masyrik dan magrib, maka setan itu adalah sejahat-jahat teman (yang menyertai manusia). 39- (Harapanmu itu) sekali-kali tidak akan memberi manfaat kepadamu di hari itu karena kamu telah menganiaya (dirimu sendiri). Sesungguhnya kamu bersekutu dalam azab itu. (Az Zukhruf 36-39)

Ada beberapa pesan Allah yang tersirat dalam surat Az zukruf ayat 36-39 ini antara lain
  1. Barang siapa yang berpaling dari ajaran Al Qur’an , Allah akan menjadikan baginya teman karib dari golongan syetan yang menemaninya dimanapun dia berada.
  2. Syetan yang menjadi teman karibnya itu akan menghalanginya dari jalan yang benar dan menyeretnya kepada jalan yang sesat sedang mereka menyangka bahwa mereka berada pada jalan yang benar dan mendapat petunjuk
  3. Mereka baru menyadari kesesatannya itu kelak ketika terjadi peristiwa kiamat, dan mereka menyeru agar Allah menjauhkan dirinya dari syetan yang menjadi sahabat karibnya itu bagaikan timur dan barat.
  4. Semua harapannya itu dihari kiamat kelak hanya sia sia belaka
  5. Syetan itu adalah sejahat jahat teman yang mendampingi manusia, ia menyeret manusia yang jadi temannya  itu untuk bersama sama memasuki neraka jahanam yang panas membakar.
Dalam surat Az zukhruf ayat 36-37 diatas  Allah telah menegaskan bahwa barang siapa yang tidak peduli dengan Al Qur’an , tidak mau membaca dan menjadikannya sebagai pedoman dan pegangan hidup.  Selalu membantah dan menentang peringatan Al Qur’an. Maka Allah akan menjadikan baginya syetan sebagai teman yang mendampinginya kemanapun ia pergi. Syetan itulah yang jadi penasehatnya , yang memperlihatkan indah semua perbuatan buruk dan maksiat, serta memperlihatkan buruk padanya semua   amal shaleh dan kebaikan.
Syetan yang menjadi sahabat karib mereka itu  ada dua macam yaitu syetan dari golongan manusia dan syetan dari golongan jin. Seorang pezina tentu akan berteman dengan pezina pula, demikianpula seorang pejudi, pemabuk ,pencandu narkoba,  pencuri atau perampok tentu akan berteman dengan orang yang berperilkaku sama, itulah syetan syetan dari golongan manusia, yang menyeret mereka untuk bersama sama memasuki neraka jahanam. Mereka amat benci kepada orang yang menasehati atau mengingatkan mereka. Amat berat bagi mereka mengerjakan berbagai amal soleh dan kebanjikan serta taat pada Allah.  Mereka amat menikmati berbagai perbuatan maksiat dan kejahatan yang mereka kerjakan.
Sementara itu syetan dari golongan jin akan masuk kedalam pembuluh darahnya , mempengaruhi seluruh organ tubuhnya untuk melakukan kemaksiatan dan berbagai perbuatan buruk lainnya.  Mulutnya senang bergunjing dan memakan makanan yang haram, matanya senang melihat hal yang dilarang Allah, telinganya senang mendengar musik dan gosip, tangannya sanang mengambil yang bukan haknya, kakinya senang melangkah ketempat tempat maksiat. Syetan dari golongan jin itu  membisikan was was dan fikiran buruk kedalam hati dan fikirannya.  Kadangkala syetan dari golongan jin itu juga hadir dalam berbagai mimpi buruk yang dialaminya hampir tiap hari.
Syetan dari golongan manusia
Syetan merupakan balatentara iblis yang berusaha menyesatkan manusia dari jalan Allah yang lurus. Orang orang yang hati dan fikirannya dipenuhi keinginan syahwat, memperturutkan semua keinginan hawa nafsunya merupakan syetan dalam bentuk manusia. Hati hatilah bergaul dengan kelompok ini, mereka  akan membujuk siapa saja yang ada didekatnya untuk melakukan berbagai perbuatan buruk dan maksiat yang diarang Allah. Mereka mengajak siapa saja yang ada didekatnya untuk menjauhi ajaran agama dan taat pada Allah.
Pesta pora, perjudian , mabuk mabukan, Narkoba, perzinahan merupakan alat mereka untuk menyesatkan umat manusia dari jalan Allah yang lurus. Orang yang sudah terjebak dalam perangkap iblis , bergelimang berbagai kemaksiatan seperti diatas , umumnya amat sulit untuk bisa keluar dari lingkungan tersebut . Hati dan fikirannya sudah dipenuhi kegelapan, mereka sudah menjadi budak hawa nafsunya.
Mereka yang sadar dan berusaha untuk keluar dari lingkungan tersebut butuh perjuangan dan  kemauan yang kuat untuk bisa hijrah dan keluar dari lingkungan tersebut, mereka hampir tidak bisa keluar dengan selamat tanpa pertolongan dan karunia Allah. 
Karena itu hati hatilah dalam bergaul , jangan bergaul dan berteman akrab dengan orang yang sudah menjadi budak syetan dan selalu memperturutkan hawa nafsunya. Mereka akan menyeret anda untuk ikut bersama sama menjadi budak nafsu , jauh dari ibadah dan ketaatan pada Allah.
Didalalm surat Az zukhruf ayat 36-39 diatas Allah telah mengingatkan bahwa orang yang jauh dari Al Qur’an dan tidak peduli dengan peringatan Allah akan diberikan teman yang setia dari golongan seperti ini. Mereka akan menyeretnya ke jalan yang sesat sedang mereka menyangka bahwa ia berada pada jalan yang benar.
Syetan dari golongan Jin
Disamping syetan dari golongan manusia seperti disebutkan diatas adalagi syetan dari golongan jin yang juga merupakan balatentara iblis dalam menyesatkan manusia.  Allah telah mengingatkan kita agar hati hati dan waspada terhadap tipu daya syetan dari golongan jin ini sebagaimana disaebutkan dalam surat Al A’raaf ayat 27 :
27. Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.

Menghadapi syetan dari golongan jin ini lebih berat dari menghadapi syetan dari golongan manusia, karena mereka dapat melihat kita dari tempat yang kita tidak bisa melihat mereka. Menghadapi syetan dari golongan manusia yang secara fisik bisa kita lihat saja  sudah cukup berat , apalagi menghadapi syetan dari golongan jin yang tidak bisa kita lihat. Syetan dari golongan jin ini juga punya kemampuan untuk berjalan mengikuti aliran darah manusia, sebagaimana disebutkan Rasulullah dalam salah satu hadistnya :Sesungguhnya syetan berjalan pada anak Adam mengikuti aliran darah” HR Muslim
Orang yang jauh dai Al Qur’an dan tidak peduli dengan peringatan Allah akan dikepung oleh syetan dari golongan manusia dan syetan dari golongan jin. Syetan syetan itu akan memperlihatkan buruk semua  perbuatan baik dan memperlihatkan baik semua perbuatan buruk. Syetan itu menyeret mereka kepada jalan yang sesat sedang mereka menyangka berada pada jalan yang benar.  Orang yang sudah disesatkan syetan bersifat keras kepala tidak mau mendengar nasihat orang lain , dia merasa paling benar dan tidak menyadari kekeliruannya.
Jin jin fasik (syetan) banyak yang berdiam ditubuh manusia dan menimbulkan banyak masalah bagi kehidupan manusia tersebut. Banyak alasan yang dikemukan jin fasik sebagai pembenaran baginya untuk berdiam ditubuh manusia.  Antara lain :
  •     Karena diundang datang oleh orang yang bersangkutan dengan membaca mantera,   wirid dan ritual tertentu.
  •    Karena syahwat dan jatuh hati pada orang yang bersangkutan
  •   Ritual persembahan atau sesaji yang dilakukan manusia untuk golongan jin tertentu
  •   Adanya perjanjian antara golongan jin dengan leluhur atau nenek moyang orang yang bersangkutan
  •   Sering mendatangi tempat atau makam yang dianggap keramat.
  •  Dikirim oleh para dukun yang bekerja sama dengan jin untuk merusak kehidupan orang yang bersangkutan dengan mengerjakan sihir, guna guna atau santet.
  • Dijadikan tumbal pesugihan oleh orang yang bekerjasama dengan syetan dari golongan jin untuk mencari harta kekayaan dunia. Dan lain sebagainya.
 Syetan dari golongan jin ini sering menimbulkan rasa was was, cemas, takut, curiga, bimbang didalam hati dan fikiran orang yang dirasukinya. Syetan ini juga membangkitkan perasaan syahwat, emosi, dengki yang berlebihan didalam hati manusia, serta menimbulkan rasa malas untuk beribadah dan berdzikir mengingat Allah. Orang yang dirasuki syetan dari golongan jin sering terlihat berkepribadian ganda. Kadang kala ia lemah lembut dan jadi orang yang baik hati namun pada waktu lain ia jadi beringas, emosi mudah marah, mengeluarkan kata kata kotor . Sering ia melakukan perbuatan tercela itu diluar kendalinya, kadangkala ia bingung dengan dirinya sendiri , kenapa ia suka melakukan perbuatan seperti  itu.
Orang yang dirasuki syetan dari golongan jin umumnya akan bereaksi keras ketika mendengar lantunan ayat suci Al Qur’an. Kadangkala ia berteriak kepanasan, mual dan muntah, menangis, kadangkala juga jadi beringas bergerak seperti binatang buas , ular atau buaya. Syetan dari golongan jin yang merasuki tubuh manusia ini bisa dikeluarkan dengan melakukan Rukyah mandiri   mendengarkan ayat Qur’an sebanyak banyaknya, meningkatkan mutu shalat dan ibadah, serta banyak berdzikir menyebut nama Allah.
 Orang yang jauh dari Al Qur’an , malas beribadah dan berdzikir mengingat Allah,sibuk memperturutkan keinginan hawa nafsunya, amat rentan terhadap tipu daya syetan baik syetan dari golongan jin dan manusia.
Syetan itu adalah sejahat jahat teman yang mendampingi seseorang didunia ini, siapa yang berteman akrab dengan syetan maka syetan itu akan menyeretnya untuk bersama sama memasuki neraka jahanam yang panas membakar.
Karena itu Allah berulang ulang mengingatkan didalam Al Qur’an bahwa syetan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia , agar manusia mensikapinya sebagai  musuh (Fathir 5-7). Allah juga mengingatkan agar jangan mengikuti langkah dan bisikan syetan , karena syetan hanya mengajak manusia untuk mengerjakan pekerjaan keji dan mungkar (An Nur 21). Allah juga mengingatkan agar selalu berlindung pada Allah dari bisikan dan bujuk rayu syetan yang menyesatkan (Al Mukminun 97-98 dan An Nahl 98).
Pada dasarnya jika ingin dijauhkan Allah dari syetan yang terkutuk jadikanlah Al Qur’an sebagai pedoman hidup, bacalah Al Qur’an setiap hari dengan memahami dan mentadabburinya. Perbanyak dzikir dan tasbih menganggungkan nama Allah setiap saat.  Barang siapa yang melupakan dan tidak peduli dengan Al qur’an , maka Allah akan menjadikan syetan sebagai teman karibnya yang menemaninya kemanapun ia pergi sebagaimana disebutkan dalam surat Az Zukhruf ayat 36-37 diatas.
Untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhdap tipu daya syetan , simak dan dengarkanlah beberap ayat Qur’an tentang tipu daya syetan sebagai berikut dibawah ini, yang terdiri dari surat :
DOWNLOAD
ALFATIHAH, AL ISRAAK 61-65, AN NUR 21, FATHIR 5-7, YASIN 60-64, AZ ZUKHRUF 36-39, AL MUKMINUUN 93-100, AN NAHL 96-100

Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU