Pengertian Kesenian dan Tari

Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekpresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia Selain mengekpresikan rasa keindahan dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya mitos berfungsi menentukan normauntuk prilaku yang teraturserta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum keseniaan dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat


Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu, untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan maksud dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan tari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

1.      Tari Rakyat yaitu tarian yang tumbuh dikalangan rakyat, ragam tarian rakyat tumbuh menurut letak geografis, seperti daerah 
pegunungan, dan pesisir pantai, hal ini yang membedakan bentuk dan dinamika tariannya.
2.   Tari Klasik adalah tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada pada jaman feudal. Tari ini biasanya hidup dilingkungan keratin.
            3.   Tari Kreasi Baru
Tari Kreasi Baru adalah tari klasik yang dikembangkan sesuai perkembangan jaman dan diberi nafas Indonesia baru. Contoh tari kreasi baru adalah karya dari Bagong Kusudiarjo dari pedepokan Bagong Kusudiarjo dan Untung dari sanggar Kembang sore dari Yogyakarta. Contohnya adalah Tari Kupu-kupu,Merak,Roro Ngigel,Ongkek Manis,Manipuri,Roro Wilis,dll.   
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!