Contoh Resensi Cerpen

Contoh Resensi Cerpen
Resensi Cerpen

A.)      Identitas Buku
1. Judul                                   : “ Nenek Grendi Punya HP, Tapi Berharap Sungai “                 
            2. Pengarang / penulis          : Arswendo Atmowiloto
            3. Penerbit                             : Kompas
            4. Tahun Terbit                      : 27 Oktober 2013
            5. Jumlah halaman                : _
            6. Harga                                  : _
B.)        Sinopsis
Cerpen ini menceritakan tentang kisah seorang nenek tua yang usianya tak kurang dari 70 tahun. Ia mempunyai handphone yang di dalamnya hanya ada empat nomor nama anak perempuannya saja. Ia tinggal sendirian di rumah peninggalan suami pertamanya. Ia sering kali mengambil uang pension hasil dari suaminya dulu. Ia pernah diajak bahkan dipaksa oleh anak pertamanya untuk tinggal bersamanya, tetapi baru saja sampai ia langsung ingin pulang. Keempat anaknya tidak tahu kenapa ia dipanggil nenek Grendi, tetangga yang seumuran dengannya juga tak tau alasannya. Suaminya juga tak bernama Grendi atau Didi, atau Grand. Namun ada satu keinginan yang yang tidak diketahui oleh anaknya, ternyata ia ingin membeli sungai. Apa tujuan dan maksudnya ?
C.)        Keunggulan Cerita
Di dalam cerita ini mengisahkan seorang nenek tua yang sangat mandiri. Ceritanya membuat penasaran bagi yang membacanya, ketika nenek tua tersebut tidak diketahui asal namanya dipanggil nenek Grendi. Dan juga ketika ia ingin membeli sungai dengan maksud yang masih belum diketahui.
D.)       Kelemahan Cerita
Cerita didalamnya belum sampai akhir cerita, maksudnya setelah terjadi konflik belum ada penyelesaian cerita di dalamnya. Selain itu, alur ceritanya juga rumit.
E.)        Penggunaan Bahasa
Bahasa yang terdapat di dalam cerita ini mudah dipahami. Karena, di dalamnya menggunakan bahasa sehari-hari seperti dialog antara anak dan ibunya.
F.)        Tanggapan Penulis
Menurut saya, cerita pendek diatas layak untuk dibaca dan ditayangkan di layar lebar karena semua umur dapat menikmatinya tanpa ada batasan usia.

tags : resensi cerpen, contoh resensi, cerpen indonesia
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!