Tips Reset Baterai Laptop Terbaru

Saya baru pakai 3 bulan atau 1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai :
Baterai dipakai BUKAN BERDASARKAN WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE, setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. Pada umumnya baterai bisa sampai 400-600 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 30 cycle, kurang lebih baterai dalam 10 hari akan drop
   
Baterai saya charge kok tidak penuh2x hanya sampai xx% :
Kenapa tidak penuh2x, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/SAMA dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).
   
Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal 
Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis dan CUKUP CERDAS
   
Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.


Ok bro kita mulai pecahkan masalah ini,
pada umumnya baterai laptop teridiri dari 6 bagian pokok :


perlu di ingat bahwa dari ke 6 bagian diatas semuanya berpotensi RUSAK, hanya 1 yg berpotensi rusak secara FIRMWARE yaitu pada bagian F.
Nah.....untuk menjawab ke 4 point kerusakan baterai diatas ?, sebelumnya saya mau tanya agan2 semua, apa yg agan2 lakukan jika printer agan error WASTE TANK FULL? (kalau didunia baterai laptop istilahnya CYCLE COUNT) jawabanya pasti SOFTWARE RESETTER. begitu juga baterai laptop .

tidak seperti mereset printer, untuk mereset baterai agan2 membutuhkan sebuah interface yang menghubungkan antara baterai dan komputer yg masih mempunya port LPT1, interfacenya agan2 bisa buat sendiri, tapi untuk yg buta elektro bisa minta bikinin temen yg kebetulan melek elektro ato ke tukang service radio 4 band hehehehe.......
ok next....eh jangan lupa ngopi dulu...ama rokoknya dihisap dalam2 hehehehehe
cekidot skemanya......

ok jika udah selesai, agan tinggal hubungkan baterai dengan komputernya melalui inetrface yg undah kita bikin....????????
next agan2 membutuhkan software kan? pasti itu......
ok...... dari sekian banyak software untuk proyek ini saya cuma merekom 3 yg pernah saya coba


    be2work
    SBWorkshop 3.71
    ACCPlus


kalau agan2 mau download......tanyakan aja sama mbah google


selanjutnya jika agan2 sudah akrab dengan pekerjaan ini, para agan akan bisa membaca data dari dalam baterai lepi, kurang lebih seperti ini datanya :

DesignCapacity: 32767 mAh
FullChargeCapacity: 32767 mAh
CycleCount: 32767
Date: 2043.15.31 ymd
DesignVoltage: 32767 mV
ManufactureName: Read ERROR
DeviceName: Read ERROR
SerialNumber: 32767
ChargingCurrent: 32767 mA
ChargingVoltage: 32767 mV
DeviceChemistry: Read ERROR
Temperature: 30,5 C
Voltage: 32767 mV
Current: 32767 mA
RelativeSOC: 32767 percents
AbsoluteSOC: 32767 percents
RemainingCapacity: 32767 mAh

tapi dari semua diatas tidak menutup kemungkinan untuk merepair baterai secara hardware, contoh : ganti cell yang soak, ganti fuse yang putus dll

sumber : http://forum.laptop717.com/index.php?topic=224.0

Read more: http://www.ikilaptop.com/2013/07/cara-reset-baterai-laptop.html#ixzz2rT0te8qg
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!