CONTOH KARYA TULIS ILMIAH KIMIA


search tags : contoh karya tulis ilmiah , karya tulis ilmiah SMA , karya tulis ilmiah 2014 2015 2016 , Download karya tulis ilmiah kimia





BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Pemanasan global merupakan ancaman bagi seluruh dunia, yang salah satunya diakibatkan oleh limbah. Limbah adalah kotoran hasil pengolahan pabrik ataupun manusia yang mengandung zat kimia berupa sampah dan dapat menimbulkan polusi serta mengganggu kesehatan. Limbah bukanlah suatu hal yang harus dibuang tanpa guna karena dengan pengolahan dan pemanfaatan secara baik, limbah akan menjadi barang yang lebih berguna dari sebelumnya. Limbah akan menjadi sesuatu yang sangat berguna dan memiliki nilai jual tinggi tatkala limbah tersebut diolah secara baik dan benar. Limbah yang tidak diolah akan menyebabkan berbagai polusi, baik polusi udara, polusi air, polusi tanah, dan juga polusi lain yang akan menjadi sarang penyakit.

Masalah limbah di Negara kita ini sudah menjadi masalah klasik bagi setiap orang. Tidak heran bila banyak negara yang mulai menggalakan program “Re-Use” dan “Re-Cycle” atas limbah dan sampah-sampah yang ada. Di negara kita sendiri limbah dan sampah adalah masalah yang sulit terselesaikan. Walaupun pemerintah telah menggalakan program bank sampah untuk mengurangi jumlah limbah yang ada, namun masalah lingkungan dan sampah di Indonesia masih tetap ada. Berdasarkan sifatnya sampah ada yang mudah terurai (organik) dan yang sulit terurai (anorganik). Sampah organik mudah dimanfaatkan karena mudah terurai serta berasal dari makhluk hidup. Pemanfaatan sampah organik diantaranya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos yang mengandung karbon dan nitrogen yang terdapat dalam sampah hijau, dijadikan sebagai tambahan pakan ternak, dijadikan kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Namun untuk sampah anorganik jarang dimanfaatkan malah kenyataannya yang sering kita lihat di jalanan sampah plastik berserakan dimana-mana. Sampah plastik inilah yang akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Karena untuk membuatnya saja, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun dan 14 juta pohon ditebang, sementara  minyak bumi  merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Akibatnya, persediaan minyak mentah di bumi semakin berkurang namun justru kebutuhan akan plastik semakin meningkat, hal ini menyebabkan sampah plastik yang dihasilkan sangat banyak pula. Diperkirakan ada 500 juta hingga 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam kurun waktu satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk menguraikan sampah plastik diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 80 tahun hingga dapat terdekomposi dengan sempurna. Apalagi jika tidak ada tindakan segera untuk menangani masalah sampah plastik. Untuk plastik-plastik yang berserakan di jalanan tersebut jika dibiarkan akan terus menumpuk dan kemudian dapat menyebabkan banjir. Selain itu juga sampah plastik ini dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Berdasarkan uraian diatas, penulis mencoba untuk turut serta mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan penelitian tentang bagaimana agar sampah-sampah plastik tersebut dapat dimanfaatkan dan penulis mengambil judul penelitian “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak Menggunakan Metode Destilasi”


B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas,penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana cara mengatasi masalah kekurangan bahan bakar ?
2. Jenis limbah plastik apa yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar ?
3. Bagaimana cara pengolahan limbah plastik agar dapat digunakan sebagai bahan bakar ?




C. Tujuan Penulisan  

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui cara mengatasi kekurangan bahan bakar.
2. Untuk mengetahui jenis plastik yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
3. Untuk mengetahui cara pengolahan limbah plastik agar dapat digunakan sebagai bahan bakar.


D. Manfaat Penelitian


Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi penulis, karya tulis ini dapat memberikan informasi untuk melakukan kajian lebih lanjut tentang daur ulang sampah plastik sebagai bahan bakar minyak untuk penanganan pencemaran lingkungan.
2. Bagi masyarakat, memberikan pengetahuan tentang daur ulang sampah plastik sebagai solusi penanganan masalah pencemaran lingkungan.

3. Bagi pemerintah, memberikan solusi dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah anorganik (limbah plastik) dan krisis bahan bakar minyak.

Download Full Dokumen Karya Tulis Ilmiah SMA

Untuk File bab selanjutnya bisa download di bawah ini :

BAB 1 PENDAHULUAN





























Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!