Galaxy S6 dan S6 Edge Berbeda dari Segi Kmeraa ?



Salah satu daya tarik utama dari smartphone Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 adalah kamera yang mampu menghasilkan tangkapan gambar berkualitas tinggi.

Selama ini diketahui bahwa sensor pada kedua ponsel merupakan bikinan Sony, tapi belakangan terungkap bahwa ternyata ada unit-unit tertentu yang memakai sensor buatan Samsung sendiri.

Informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari The Verge, Kamis  (7/5/2015) menyebutkan bahwa topik tersebut pertama kali mengemuka dalam diskusi mengenai kamera Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge di forum XDA Developer, akhir minggu lalu.

Dari sana disimpulkan ada dua jenis sensor yang bisa terdapat pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, yakni IMX240 dari Sony dan sensor Isocell dari Samsung. Keduanya memiliki resolusi 16 megapiksel.

Perbedaan sensor kamera ini tidak ditentukan berdasarkan dua model Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Artinya, pembeli Galaxy S6 bisa saja mendapat sensor kamera bikinan Samsung atau Sony. Demikian pula dengan pembeli Galaxy S6 Edge.

Samsung sendiri mengakui adanya perbedaan yang tak biasa tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge menggunakan sensor kamera dari beberapa pabrikan. Seperti teknologi lain yang dipakai diproduk kami, mereka (sensor-sensor kamera) memenuhi standar global soal kualitas dan kinerja," sebut Samsung.
Tidak diungkapkan apakah Samsung menentukan jenis sensor kamera Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge berdasarkan wilayah atau tidak, demikian pula dengan alasan di balik hal tersebut, yang masih misterius hingga kini.

Yang jelas, situs SamMobile sempat melakukan pengujian terhadap sensor kamera Sony dan Samsung pada duet Galaxy S6, lalu menemukan bahwa kedua sensor menghasilkan kualitas tangkapan gambar yang sebanding.

Kesulitan produksi?

Salah satu spekulasi yang beredar menyebutkan bahwa keputusan Samsung menggunakan dua jenis sensor yang berbeda pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge kemungkinan dilatarbelakangi oleh kurangnya pasokan sensor kamera dari Sony.

Kabar terbaru memang menyebutkan bahwa Sony mengalami kesulitan memenuhi permintaan yang tinggi dari para pabrikan ponsel atas sensor-sensor kamera bikinannya.

Untuk para pabrikan Tiongkok saja, menurut laporan yang dilansir oleh PetaPixel, Sony hanya sanggup memenuhi angka pesanan sebesar 50 persen.

Sementara, sebagian besar pasokan sensor kamera disebutkan sudah diorder oleh Apple untuk ponsel pintar iPhone generasi berikutnya yang menurut rumor bakal bernama iPhone 6C.

Para pabrikan ponsel pun disinyalir terpaksa mencari pasokan sensor kamera dari produksen lain seperti Samsung, Toshiba, atau OmniVision demi memenuhi kuota produksi ponsel.

Bisnis sensor kamera adalah salah satu pilar utama Sony. Bulan lalu pabrikan asal Jepang ini dilaporkan menanam investasi senilai 1 miliar dollar AS untuk membangun pabrik sensor kamera baru.

Sony memiliki pangsa sebesar 40 persen di pasar sensor kamera pada 2014 lalu. Angka tersebut bisa lebih besar lagi apabila produsen ini mampu memenuhi semua pesanan dari para pabrikan ponsel.

tags : Galaxy,Samsung, Sony, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU