Mesin Pencari Memex Diklaim Lampaui Google ?

Mesin-Pencari-Memex-Diklaim-Lampaui-Google

Persaingan teknologi mesin pencari kembali kedatangan rival baru yakni searh engine Memex. Dikembangkan secara rahasia oleh para petinggi keamanan di Pentagon, Amerika Serikat, mesin pencari yang satu ini bahkan di klaim mampu melampaui teknologi pencarian dari semua search engine popular macam #Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Bahkan pengembang software tersebut menyatakan, Memex mampu mengungkap lebih dari 90 persen informasi di dunia maya yang selama ini hanya mampu dijangkau sebesar 10 persen oleh mesin pencari konvensional lain.
Yang menarik, fokus utama Memex tidak hanya menfasilitasi pencarian informasi secara umum melainkan lebih dari itu digunakan sebagai teknologi pemecah kasus kejahatan masa depan. Apa dan bagaimanakah mesin pencari Memex bekerja? Berikut sebuah ulasan singkat mengenai kelebihan Memex dibanding mesin pencari lainnya.

Pembuatan Mesin Pencari Memex

Memex atau singkatan Memory and Index merupakan produk dari Kementrian Pertahanan dan Keamanan, negara super-power Amerika Serikat. Mengeahui siapa dibalik pembuatannya saja mungkin sudah membuat kita berdecak. Lewat salah satu badan penelitiannya, Advanced Research Project Agency (DARPA), kementrian yang bermarkas di gedung Pentagon tersebut merancang Memex tepatnya sejak awal tahun 2014 lalu sebagai proyek teknologi keamanan masa depan.
Mengenai proses pembuatannya, DARPA tidak bekerja sendiri melainkan ikut menggandeng 17 perusahaan rekanan yang bekerja dalam bidang teknologi utamanya terkiat mesin pencari. Dengan dana proyek yang tak main-main, mencapai USD 10 hingga 20 juta, proyek Memex bahkan disebut salah satu big plan Negara Paman Sam tersebut di bidang teknologi.
Masuk di tahun ke dua, nyatanya baik proses pengembangan dan implementasi mesin pencari Memex masih dalam lingkup yang sangat eksklusif. Namun dari informasi yang beredar luas, proyek tersebut sudah mulai digunakan untuk beberapa keperluan keamanan utamanya yang berkaitan dengan aktivitas hacking dan human trafficking.

Beberapa Belebihan Utama Memex

Sebagai sebuah proyek besar, Memex tentunya membawa beberapa kelebihan yang tidak dimiliki mesin pencari lain. Beberapa diantaranya yakni:
1. Mampu Menjaring Aksi Peretasan / Hacking
Kelebihan yang pertama adalah mampu memberikan hasil pencarian situs rahasia yang  berekstensi .onion yang selama ini hanya mampu di jangkau browser TOR atau ‘The Onion Router’. Bagi siapa saja yang sudah mengenal dunia hacking atau peretasan dunia maya, tentu tidak akan asing dengan jaringan tersebut. Melalui jaringan tersebutlah para hacker di dunia berkomunikasi dengan bebas. Alasannya lewat software TOR tersebut semua data komunikasi dapat disamarkan menjadi anonymous sehingga sulit terlacak.
Dengan penggunaan system yang bekerja secara mandiri, berbeda dengan browser umum lainnya, Memex mampu menerobos jaringan situs tersembuyi tersebut untuk kemudian mencari data yang diperlukan untuk mengungkap kasus kejahatan cyber seperti hacking, pencurian data dan lain sebagainya.
2. System Pencarian yang Lebih Cerdas
Saat ini umumnya mesin pencari seperti Google atau Yahoo berjalan berdasar alogairtma khusus yang telah disusun oleh pihak pengembangnya. Di sisi lain, Memex hadir membawa evolusi pencarian baru dengan menyuguhkan gambaran luas dalam bentuk infografis lengkap tentang apa yang dicari. Jadi hasil pencarian tidak didasarkan rating atau keterkaitan iklan seperti yang saat ini diterapkan mesin pencari populer lain.
Hal inilah yang membuat Memex diharapkan dapat membawa fungsi lebih dari sekedar pemberi informasi umum namun sebagai gudang informasi detil. Mengenai ranah yang dijangkau, Memex tidak hanya bisa membantu dalam proses edukasi, namun juga bisnis, ketahanan keamanan serta yang paling implementatif adalah menanggulangi masalah kriminalitas dunia maya.
Saat ini Memex juga memfokuskan diri untuk mampu menjelajah jaringan Dark Web. Jaringan Dark Web sendiri adalah jaringan situs illegal yang selama ini belum tersentuh atau belum dapat dijangkau oleh mesin pencari biasa. Umumnya situs tersebut mempunyai kegiatan digital yang bersifat rahasia dan tentu illegal.

4. Mengandalkan Fungsi Sosial Kemanusiaan

Seperti yang telah disampaikan di atas, salah satu misi terbesar Memex adalah memerangi kejahatan penjualan manusia lewat jaringan online. Saat ini disinyalir telah banyak korban jual beli manusia atau human trafiking melalui kedok layanan prostitusi online.
Dari sini Memex akan menjalankan perannya untuk mencari data mengenai segala hal yang nampak pada berbagai situs syahwat di seluruh dunia yang dicurigian merupakan sindikat penjualan manusia. Kemudian system akan memilah informasi baik foto, gambar, alamat, nomor telfon hingga segala informasi rinci untuk menemukan kecocokan terhadap korban atau motif kriminal yang sedang di dalami. Salah satu klien yang sudah mencoba fungsi tersebut adalah Department Kepolisian New York.
Selain itu dibidang kemanusiaan, Memex diproyeksikan dapat member informasi rinci jika terjadi sebuah bencana alam disebuah daerah. Sehingga dari sisi penanganan, penyaluran bantuan, hingga pengenalan daerah rawan bisa dilakukan dengan jauh lebih baik.
Hingga saat ini pihak DARPA menkonfirmasi bahwa Memex masih dalam tahap ujicoba purwarupa dan belum siap digunakan khalayak umum. Ada baiknya kita menunggu hingga mesin pencari Memex dapat digunakan secara luas.



sumber : www.maxmanroe.com

tags : Search Engine, The Memex, FBI, 2015 Project
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU