Sering Sakit Kepala? Ini Solusinya



Penggunaan komputer terlalu lama memang dapat membuat leher terasa nyeri dan mengakibatkan sakit kepala. Namun pakar mengatakan sakit kepala juga bisa ditimbulkan akibat mata yang terlalu lelah.

dr Syumati SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung, mengatakan bekerja di depan komputer membuat mata lelah. Jika mata terus dipaksakan bekerja tanpa istirahat, saraf-saraf di sekitar mata akan tegang dan bisa menyebabkan sakit kepala.

"Jangan terlalu lama menggunakan komputer. Penglihatannya jadi tidak fokus. Selain itu, saat mata dipkasakan untuk melihat, bisa mneyebabkan sakit kepala," tutur dr Syumarti, dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis Kamis (30/4/2015).

Selain menatap komputer terlalu lama, beberapa hal lain juga dapat menyebabkan mata lelah. Salah satunya adalah menonton televisi dengan layar yang terlalu besar. Makin besar layarnya, semakin jauh jarak antara mata dan layar. Akibatnya, mata rentan bekerja lebih keras karena agar penglihatan lebih jelas.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan gadget sambil berbaring. Dikatakan dr Syumarti, menggunakan gadget sambil berbaring selain membuat mata lelah juga bisa menimbulkan nyeri leher atau pegal di tangan.

"Risiko bermain gadget tiduran ini pertama tangan bisa lelah. Selain itu, secara tidak sadar gadget digunakan makin mendekat ke arah mata. Nantinya akomodasi makin keras. Ini bisa jadi faktor risiko minus untuk anak-anak. Kalau pada orang dewasa jadi cepat mengantuk. Lalu cahaya lampu ruangan juga pas mengarah ke mata, membuat mata jadi silau," paparnya lagi

Untuk itu ia menyarankan agar mata sering diistirahatkan. Caranya dengan memejamkan mata selama 15 menit atau melihat benda yang jaraknya lebih dari 6 meter selama 10-15 menit.

Tentunya, kesehatan mata juga bisa ditunjang dengan asupan sayuran dan buah. Vitamin A, betakarotin dan vitamin E merupakan beberapa asupan yang berguna bagi mata.

"Asupan yang baik untuk mata itu yang pastinya sayuran dan buah yang warna-warni. Vitamin A, Betakarotin, Vitamin E sebagai antioksidan dan vitamin C baik untuk mata. Nah, untuk konsumsi makanan ini tidak harus banyak. Secukupnya saja. BIasanya ada yang jor-joran ngasih banyak dan numpuk, padahal kan tidak perlu berlebihan," urainya.
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU