Informatika dan Peranannya dalam Industri Kreatif

Apa itu Informatika ? Apa saja peranannya ?




GUGUMMAULANA.COMInformatika adalah salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal yang ada kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi atau komputer dengan seoptimal mungkin. Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan apa itu Informatika ? Maka selanjutnya saya kasih tahu tentang Telekomunikasi.

Telekomunikasi berasal dari kata “Tele” yang berarti jauh dan “Komunikasi” yang berarti Interaksi antara suatu pihak dengan pihak lain atau suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan, dll) dari satu pihak kepihak lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa telekomunikasi artinya adalah suatu proses penyampaian informasi, bisa dalam bentuk, pesan, ide, maupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lain yang dilakukan dalam jarak jauh.

Selanjutnya yang perlu saya kenalin ke kalian adalah Industri Kreatif, sudah tau belum apa itu Industri Kreatif ? Pastinya hanya sebagian yang tau kan, nah mari simak penjelasanya.

Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa) atau juga Ekonomi Kreatif. Menurut Howkins, Ekonomi Kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio, dan Permainan Video.

Nah, sekarang kalian sudah tau kan semua pengertian dalam postingan kali ini ? Langsung saja kita masuk kedalam Inti dari postingan ini ya sobat :D

Menurut kalian apa sih peran informatika dan telekomunikasi dalam industri kreatif ? mungkin kalian akan menjawab untuk mempermudah, untuk membantu, dan yang lainya ya hehe. Saya akan menjelaskan lebih detail lagi tentang Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif.

Tidak jarang lagi kita menemui industri industri kreatif di dalam keseharian kita bukan ? salah satunya yaitu dunia perfimlan yang saat ini sangat banyak ditonton ditelevisi maupun kita dengar di radio. Peranan dari dunia informatika itu penting dalam proses perindustrian kreatif baik itu dalam mencari informasi yang tepat dan menarik, proses penginputan hingga outpun yang tepat, dan kreativitas yang dapat diciptakan dari komputer yang dapat menarik perhatian semua orang.
Berikut peranan Informatika dalam Industri Kreatif :

     Menyelaraskan keperluan dalam industri, 
     maksudnya adalah menyeimbangkan atau mencocokan keperluan keperluan yang ada dalam proses pengembangan industri. Contoh : Dalam pembuatan iklan, industri memerlukan penyelarasan tampilan iklan dengan baik dan memerlukan informasi yang tepat untuk menampilkan iklan agar lebih mudah diterima semua orang, maka dari itu industri memerlukan informatika sebagai suatu wadah untuk menyelaraskan tampilan dan informasi yang ada dalam iklan menggunakan ilmu informatika.

      Membantu mengembangkan popularitas industri, 
     maksudnya adalah penyalur tenaga informatika yang baik akan membawa industri tersebut ke tingkat yang baik juga, dan peningkatan popularitas industri tersebut pun akan baik dimata semua pihak.

     # Menyempurnakan Ide dalam Industri, 
     maksudnya adalah tenaga kerja informatika dapat membantu menyempurnakan ide yang ada dalam industri. Contoh : Pada saat industri kreatif akan membangun suatu seni atau pun video game, tenaga kerja informatika dapat membantu dalam menyempurnakan seni dan video game yang akan di kembangkan tersebut seperti, memberikan fasilitas efek ataupun memberikan bubuhan hal yang menarik dalam desain, dan yang lainya.

Itulah mungkin yang dapat Catatan Gugum Maulana sebutkan, dan selanjutnya kita akan masuk kepada inti postingan yang kedua yaitu Peran Telekomunikasi dalam Industri Kreatif. Kalau kita fikirkan memang sudah banyak di dunia ini yang menggunakan teknologi telekomunikasi seperti handphone, internet, dan yang lainya. Akan tetapi tak seperti yang hanya kita ketahui, dalam bidang industri kreatif penjelasan secara lengkapnya sebagai berikut :

# Mempermudah dalam proses pendistribusian produk,
 maksudnya telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh dapat mempermudah dalam penyaluran produk yang ada dalam industri kreatif. Contohnya : Dalam pendistribusian produk seperti Iklan, maupun film dapat dilakukan melalui media yang berbasis online seperti website maupun yang lainya.

      #  Meningkatkan rating dan popularitas industri, 
     maksudnya telekomunikasi dapat membantu dalam peningkatan rating atau peringkat dan popularitas industri di masyarakat maupun pihak lainya. Contohnya : Dengan menggunakan teknologi telekomunikasi dan dalam proses pendistribusianya melalui media telekomunikasi yang tersedia maka produk akan semakin dikenal banyak orang, sehingga semakin banyak diminati dan akan memiliki banyak pelanggan setia yang akan selalu mengunjungi dan melihat produk yang disediakan oleh industri.

    # Mempermudah dalam bertransaksi dengan konsumen, 
     maksudnya dengan adanya teknologi telekomunikasi pendistributor maupun industri yang membuat akan mudah dalam bertransaksi atau jual beli dengan pelanggan atau konsumen. Contoh : Ketika industri telah melakukan pemasaran ataupun pendistribusian barang dengan media telekomunikasi, maka akan ada pengunjung atau peminat yang dengan mudah akan menghubungi industri atau pendistributor produk melalui media atau teknologi telekomunikasi yang disediakan, seperti handphone, chat, email, maupun yang lainnya.
      

      -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
      pengertian informatika , apa itu informatika , informatika dan peranannya , industri kreatif ,
      informatika adalah , peranan informatika , kelebihan bidang informatika



Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU