Materi Bahasa Indonesia Tentang Biografi


Materi Rangkuman BIOGRAFI
Biografi adalah buku riwayat hidup seseorang tokoh yang berisi antara lain identitas tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal, jasa-jasanya, buah karya, dan segala yang dihasilkannya. Biografi ditulis orang lain, sedangkan autobiografi ditulis sendiri oleh yang bersangkutan.

Biografi adalah suatu buku yang menguraikan dan membahas tentang riwayat hidup seorang tokoh. Biografi biasanya ditulis oleh orang lain.
Anda dapat mengungkapkan hal-hal yang menarik dari tokoh, diantaranya dengan:
-          membaca dengan sungguh-sungguh buku yang kita baca,
-          mencari hal-hal positif dan negatif (bila ada) dari tokoh tersebut,
-          memfokuskan membaca pada pengalaman-pengalaman menariknya misalnya, sang tokoh sekarang jadi presiden padahal dahulu pernah menjadi tukang sayur, tetapi karena kepandaiannya dia dapat sekolah dan menjadi orang penting sampai sekarang ini.
Penulisan biografi biasanya membahas perjalanan hidup orang terkenal atau seorang tokoh yang pantas diteladani. Biografi pada hakikatnya berisi tentang riwayat hidup seseorang dari mulai dia lahir sampai meninggal dunia. Fungsi dan manfaat dari buku biografi yaitu bahwa Anda dapat lebih mengenal tokoh beserta latar belakangnya, sehingga dapat menambah wawasan Anda tentang tokoh.

Disamping itu, Anda dapat mengambil hal-hal menarik dari tokoh tersebut misalnya keteladanan, ketertiban, kedisiplinan, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengungkapkan hal-hal yang menarik dari tokoh, ada baiknya bila Anda mengetahui hal-hal berikut ini:
-          mengetahui nama lengkap tokoh,
-          mencari tanggal lahir, umur, alamat,
-          pendidikan, misal TK sampai Perguruan Tinggi,
-          pengalaman kerja, misal menjadi guru, tukang sayur, pegawai negeri,
-          menuliskan tanggal wafatnya …(jika sudah meninggal),
-          keterangan yang lain.


 Biografi dapat berupa biografi lengkap (buku) atau biografi singkat (biasanya terletak di bagian akhir buku). Anda dapat mengambil manfaat dari buku biografi tersebut. Misalnya, tentang keteladanan, ketertiban, dan sikapsikap positif dari tokoh tersebut.

tags : Materi Bahasa Indonesia Tentang Biografi, Pengertian Biografi, Biografi adalah
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!