MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

GUGUMMAULANA.COM - Ini merupakan makalah yang pernah saya buat ketika saya kuliah semester 1, karena diperkuliahan baru mulai jadi kebanyakan mata kuliah hanya berupa pengantar saja. Dan ini salah satunya tugas makalah Pengantar Teknologi Informasi atau PTI.

Download makalah  Ini merupakan salahsatu tugas individu


MAKALAH
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Diajukan Untuk Memenuhi Salahsatu Tugas
Pengantar Teknologi Informasi




Disusun Oleh :
                        Gugum Maulana – TI 1B
                                   A2.1500044


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA
KOMPUTER SUMEDANG
Jln. Angkrek Situ No.19 / Tlp. 0261 - 207395
2015


KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Dengan rahmatnya itulah makalah ini dapat diselesaikan. shalawat dan salam selalu tercurah kepada suri tauladan abadi dan kekasih kita Nabi Muhammad SAW, sosok pembawa cahaya kebenaran yang Alhamdulillah sampai pada diri kita sehingga menjadi nikmat  bagi kita bersama.
            Penulisan makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Dalam pembuatan makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang selalu mendukung, dosen mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi bapak Deris Santika yang telah memberikan bimbingan serta teman-teman Teknik Informatika yang telah memberi dukungan dan semangat dari awal hingga akhir pembuatan makalah ini.
            Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini belum sempurna, karena masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritikan dan sarannya yang bersifat membangun. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca pada umumnya dan penulis sendiri khususnya.



Sumedang,   Oktober 2015

Penulis

Gugum Maulana
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI ....................................................................................................  ii

BAB I.    PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang .........................................................................................  iii
1.2  Tujuan .......................................................................................................  iii
BAB II.   PEMBAHASAN
2.1  SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI ...........................................................................................  1
2.2  ERA REVOLUSI TEKNOLOGI INFORMASI/KOMUNIKASI
2.2.1        Era Komunikasi Tulisan (The Writing Era of
Communication) ...........................................................................  3
2.2.2        Era Percetakan (The Printing Bra of Communication) .................  4
2.2.3        Era Telekomunikasi (Telecomunication Era) ................................  5
2.2.4        Era. Komunikasi Interaktif (Interactive Communication Era) .....  6
2.3  ERA GENERASI PERKEMBANGAN KOMPUTER
2.3.1        Generasi ke 1 ................................................................................  8
2.3.2        Generasi ke 2 ................................................................................  13
2.3.3        Generasi ke 3 ................................................................................  15
2.3.4        Generasi ke 4 ................................................................................  17
2.3.5        Generasi ke 5 ................................................................................  19
BAB III.  PENUTUP
3.1  Kesimpulan ...............................................................................................  20
3.2  Saran .........................................................................................................  21

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 22



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang

Pada zaman serba canggih ini banyak sekali perubahan yang terjadi di bidang teknologi informasi. Perubahan ini ada yang terjadi secara pelan-pelan, ada pula yang terjadi secara drastis akibat pertentangan antara satu ilmu pengetahuan dengan ilmu pengetahuan yang baru, atau pertentangan antara teori yang lama yang digantikan dengan penemuan teori baru dalam pengetahuan. Paradigraa lama dari suatu teori atau ilmu pengetahuan dianggap tidak sesuai lagi bahkan dianggap salah lantas kemudian digantikan dengan paradigma yang baru yang lebih diterima.


1.2  Tujuan

1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar teknologi informasi.

2.      Untuk mengetahui bagaimana perkembangan-perkembangan teknologi dari zaman dulu sampai zaman masa sekarang.

3.      Dapat dijadikan referensi untuk mahasiswa selanjutnya apabila mendapat topik yang sama dalam mata kuliah pengantar teknologi informasi.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  SEJARAH  PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  INFORMASI
Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan bahwa :
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologiweb, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Teknologi Informasi dalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TeknoIogi Informasi melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
Pada masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education) adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 pada tahun 2009.





2.2  ERA REVOLUSI TEKNOLOGI  INFORMASI/KOMUNIKASI
Selain empat bidang tersebut, revolusi pengetahuan terutama revolusi fisika juga membawa dampak yang sangat besasr terhadap revolusi teknologi komunikasi. Everett M. Rogersdalam bukunya 'Communication technology' membagi revolusi komunikasi ini menjadi empat era :
2.2.1 Era Komunikasi Tulisan (The Writing Era of Communication)
Era ini dimulai tahun 4000 SM pada saat bangsa Sumeria menggunakan tablet dari tanah liat, bangsa Cina menemukan tulisan untuk percetakan buku dan bangsa Korea menemukan alat dari logam yang menggantikan huruf-huruf dari tanah. Penemuan mesin cetak merupakan awal dimulainya riwayat komunikasi massa. Dengan adanya mesin cetak ini rnaka pesan yang panjang dan kompleks dapat disampaikan secara simultan ke satu atau lebih kelompok khalayak yang besar.
Salah satu produk dari mesin cetak adalah surat kabar yang berbagai berita yang mutakhir dan diperlukan oler berisikan berbagai khalayak. Dengan demikian, mesin cetak atau percetakan juga merupakan pemerata sosial yang besar. Apabila tulisan telah menembus hambatan jarak dan waktu maka percetakan melipatgandakan pesan tersebut. Menurut Bell, percetakan merupakan basis bagi penyebaran kernampuan melek huruf dan meluasnya pelayanan pendidikan. Sedangkan Parker menyatakanbahwa percetakan merupakan faktor kunci bagi berlangsungnya Renaissance dan Revolusi Industri.
Di bidang elektronika setelah munculnya telepon dan telegraf dengan kabel maka pengembangan berikutnya adalah adanya komunikasi tanpa kabel (wireless communicatipn) yang memungkinkan pesan yang sama diterima secara siipiultan di berbagai lokasi yang tidak terbatas.

2.2.2 Era Percetakan (The Printing Bra of Communication)
Era ini dimulai dengan ditemukannya alat percetakan oleh Gutenberg pada tahun 1456 ketika untuk pertama kalinya mencetak Kitab Injil. Sekalipun mesin cetak mulai d|itemukan pada tahun ini, tetapi perkembangan surat kabar berlangsung sekitar tahun 1600. Surat kabar pertama yang berhasil di cetak di Eropa adalah Aviso di Wolfenbuttel di Strahbourg, Jerman pada tahun 1609. Kemudian menyusul Oxford Gazette di Ing^ris tahun 1620. Surat kabar lain yang terbit di Eropa adalah surat kabar Oprechte Haarlemsche Courant di Belanda pada tahun 1656, Einkommende Zaitung (1650) dan Frankfurtes Journal (1680) di Jerman.
Pecahnya revolusi Perancis pada tahun 1791 membawa dampak pada perkembangan persuratkabaran di Eropa yaitu pada masa pemerintahan Napoleon yang membuat perkembangan persuratkabaran terhambat. Surat kabar dianggap melakukan agitasi yang dapat merongrong kekuasannya hingga akhirnya dia menutup surat kabar menjadi 13 buah dan terakhir menjadi 4 buah. Tetapi di bagian yang lain, persuratkabaran di Inggris justru menikmati kebebasan. Dan satu hal yang menarik dalam persuratkabaran di Eropa adalah surat kabar yang berbahasa Belanda atau Perancis beredar luas di negara-negara lain karena penduduknya dapat memakai 2-3 bahasa nasional.
Percetakan pertama di Amerika Serikat dibangun p^ida tahun 1638 di Harvard University. Surat kabar pertama yang dicetak muncul pada tahun 1690, yakni surat kabar "Public Qccurance' di Boston. Sesudah surat kabar ini tidak muncul kemudian terbit surat kabar mingguan Boston Newsletter pada tahun 1704 oleh John Campbell, lalu menyusul Boston Gazette pada tahun 1719. Memasuki abad-19 ditandai dengan banyaknya peneman di bidang teknologi termasuk percetakan yang bisa digerakkan oleh tenaga uap. Akibatnya surat kabar yang sebelumnya hanya bias diproduksi 500-600 lembar per jam dapat ditingkatkan menjadi 4000 lembar per jam.
Perkembangan pers yang didukung oleh kemajuan teknologi dan dan perkembangan masyarakat Amerika pada saat ini, juga ditandai dengan perkembangan cara-cara pelaporan berita, misalnya Jurnalistik kelompok dan Jurnalistik Investigasi yang digunakan dalam skandal Watergate pada tahun 1973. Perkembangan industri surat kabar pada abad kesembilan belas dan dua puluh dikarakteristikkan oleh dua kecenderungan utama: pertama, pertumbuhan dan konsolidasi surat kabar yang diedarkan secara massal; dan kedua, pertumbuhan internasionalisasi kegiatan pengumpulan berita. ifita dapat mengilustrasikan kecenderungan pertama dengan merujuk pada industri surat kabar Inggris, sekalipun perkembangan yang sama dapat diamati di beberapa negara industrial besar lainnya.
Karena masa lalu negara-negara di Asia pada umumnya adalah negara bekas jajahan negara-negara Eropa, maka surat kabar di Asia (termasuk di Indonesia) juga dikenalkan oleh mereka. Menurut sejarah, surat kabar pertama yang masuk ke Indonesia adalah Memorie des Nouvelles pada tahun 1615 yang berbentuk Newsletter. Sedangkan surat kabar pertama yang terbit di Indonesia adalah Bataviaisme Nouvelles en Politique! Raisoven Mensen pada tahun 1744 dalam bahasa Belanda dan disjisul surat kabar bahasa melayu di Surabaya pada tahun 1855. Sampai tahun 1990 jumlah surat kabar di Indonesia telah mencapai 21 tiras 4.5 juta perhari.
2.2.3 Era Telekomunikasi (Telecomunication Era)
Salah satu teknologi yang berkembang pada masa ini adalah film. Sejarah penemuan film berlangsung cukup panjang, disebabkan film melibatkan masalah-masalah teknik yang cukup rumit seperti masalah optic, lensa, projector, camera dan sebagainya. Pada tahun 1645, Kinscher menggunakan Lentera untuk memproyeksikan gambar-gambar yang dibuat untuk pelajaran agama bagi murid-muridnya. Tetapi karenA bayangbayang yang dibuat belum pernah ada yang melihat sebelumnya, akhirnya pekerjaan ini dianggap sebagai permainan setan.
Perkembangan sejarah penemuan film ini baru kelihatan setelah abad ke-18 dengan percobaan kombinasi cahaya lampu dengan kaca lewat Lensa padat. Memasuki tahun 1900 orang Amerika berhasil membuat film tanpa suara dengan durasi 25 menit seperti film 'A Trip To The Moon' (1902) dan "Life of an America Fireman' (1903). Pada masa inilah film menga|ami masa keemasan.
Teknologi lainnya adalah radio. Usaha penemuan radio sudah dimulai sejak abad ke-17 oleh Volta, Ampere, Huygens, Maxwell, Heindrich Hertz, Edmond Branly, Oliver Lodge dan Papov. Kemudian pada tanggal, 14 Mei 1897 Marconi berhasil menghubung-hubungkan temuan-temuan pendahulunya dan berhasil menghubungkan dua tempat yang dipisahkan Bristol yang lebarnya 9 km, melalui gelombang radio.
Sejak penemuan ini Telegram Radio mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan tiga tahun kemudian Marconi berhasil mengirimkan berita Radio dari Inggris ke Australia disusul berdirinya radio BBC (1923), NBC (1926) dan CBS (1927). Kehadiran pesawat radio membawa manfaat untuk kepentingan dagang, pelayaran, dan untuk menyampaikan informasi yang lebih cepat dalam urusan militer. Hal ini bisa kita lihat penggunaan Radio dalam Perang Dunia kedua. Kini setelah satu abad sejak Marconi menemukan pesawat radio, ada 2,2 milyar pesawat Radio penerima yang bertebaran di dunia, dan di Indonesia diperkirakan ada 23 juta Radio penerima yang beredar di tengah masyarakat.
Terjadinya perkawinan antara beberapa jenis media dan teknologi menghasilkan berbagai bentuk baru yang memiliki kemampuan yang berlipat ganda. Demikian pula di bidang komunikasi. Munculnya televisi (TV) dengan berbagai kelebihan komunikasi yang dimilikinya telah menciptakan beraneka pelayanan komunikasi yang lengkap dan unik. TeleviBi mampu menyampaikan pesan informasi dalam wujud gambar dan suara sekaligus.Namun demikian, televisi memiliki beberapa Melemahan sistem penyiaran yang dipancarkan ke udara, mengalami hambatan untuk wilayah tertentu, seperti daerah pegunungan. Maka, Robert J. Tarlton mengemukakan idenya yailtu televisi dengan antena bersama yang disambungkan ke rumah-rumahpenduduk. Inilah yang menjadi asal mula TV kabel yang dikenal dewasa ini.
Penemuan Televisi diawali dengan beberapa penemuanpenemuan di antaranya oleh seorang kebangsaan Jerman yang bernama Paul Nipkow pada tahun 1884, kemudian oleh Charles F.Jenskins di Amerika pada tahun 1890. Dari temuan-temuanitu kemudian dikembangkan oleh Phil T. Fransworth di Idaho (AS) pada tahun 1922 dan oleh Dr.Vladimir Zworikins di Westinghouse (AS) tahun 1923 adan disusul oleh Baird di Inggris tahun 1927. tetapi dari penemuan-penemuan ini yang terkenal dengan sebagai bapak Televisi adalah Nipkow Disk. Ada dua peristiwa penting bagi masyarakat Amerika terhadap ketoerhasilan penemuan pesawat televisi, yakni sebagai alat kampanye presiden seperti debat terbuka Nixon dan Kennedy, dan yang kedua adalah keberhasilan Amerika dalam pendaratan Apollo II di bulan yang disaksikan kurang lebih 500 juta penduduk dunia melalui pesawat televisi.
Di Indonesia Televisi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962 ketika Indonesia mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan pesta olah raga Asean Games di Jakarta. Pada saat ini jangkauan siaran hanya sekitar Jakarta dan Bogor pada radius 80 km. Tiga tahun kemudian baru menyusul pembangunan TVRI di daerah-daerah lain seperti Medan (1970), Ujuni Pandang (1972), Balikpapan (1973) dan Palembang (1874). Pada saat ini diperkirakan jumlah pesawat Televisi ada 18 juta.
2.2.4 Era. Komunikasi Interaktif (Interactive Communication Era)
Era komunikasi interaktif ditandai dengan dengan ditemukannya berbagai kemajuan teknologi seperti Komputer, Satelit, Internet dan Iain-lain. Masuknya komputer ke jaringan komunikasi telah mewujudkan berbagai kemudahan baru dalam berkomunikasi, serta masih membuka kemungkinan untuk sekian banyak peluang baru di bidang ini. Dengan bantuan komputer maka bukan saja penyimpanan, pengolahan dan penelusuran informasi berlangsung cepat dan handal, tetapi juga pertukarannya pun dapat berlangsung ke mana saja dan di mana saja.
Suatu komputer modern yang serba guna terdiri dari sebuahunit pengolah sentral yang dihubungkan dengan kabel ke alat input dan output dan ke sistem penyimpanan data. Dalam kebanyakan sistem alat input merupakan terminal data yang mirip dengan komputer personal. Komputer amat penting  eranannya dalam perkembangan teknologi komunikasi seperti jyang ada sekarang ini. Kemampuan pengolahan informasi pada ikomputer menyebabkan batasan antara sistem komputer dengkn sistemkomunikasi hampir-hampir sulit ditentukan dengan persis. Komputer seringkali disebut sebagai otak tiruan (artificial brain).
Penemuan komputer ini telah dirintis oleh ahli matematika seperti Blaise Pascal yang berhasil menemukan mesin hitung pada tahun 1642 dan Gottfied Withelm dengan mesin hitungnya yang dapat melipatgandakan angka-angka dalam bentuk akjar (square root) pada tahun 1694. Pada abad ke-17 berhasil ditemukan cara kerja seperti komputer yang dikembangkan di Swiss,, Perancis dan Italia. Dan pada tahun 1835 Charless Babbagae berhasil menemukan mesin analisis data. Dua dekade  berikutnya Herman Hollerith seorang insinyur yang mengajar di MIT (Massachusetts Institute of Technology) menemukan mesin tabulasi yang bisa membaca data secara elektronik.
Generasi ENIAC selanjutnya muncul dengan komputer yang berdasarkan microchip yang dikembangkan oleh Dr.Robert Noyce, lulusan MIT yang mengajar di Stanford University California dengan dibantu oleh William Shockley yang menemukan transistor. Komputer jenis ini dibanding dengan generasi ENIAC sebelumnya 1500x lebih kecil, 10.000 kali lebih murah, 17.000 kali lebih ringan dan 28.000 kali lebih kecil kebutuhan tenaga listriknya.
Di bidang lain, satelit komunikasi merupakan suatu produk kemajuan teknologi yang tidak terbayangkan akan terwujud pada masa Arthur C. Clarke yang memaparkan gagasannya lewat tulisan Wireless World edisi Oktober 1945. Namun, pada akhir tahun 1950-an John R. Pierce dari Bell Laboratories  berhasil mendemonstrasikan kelayakan komunikasi ruang| angkasa dengan satelit Echo dan Telstar. Keberhasilan ini kemudian diikuti oleh Uni Soviet tahun 1957 dengan satelit SPUTNIK dan Amerika Serikat pada tahun 1963 dengan satelit komunikasi geosynchronous yang pertama, yaitu SYNCOM 2.
Pada tahun 1954, seorang insinyur yang bekerja di laboratorium Electronic Bell bernama John R. Pierce ekerja di berusaha mengembangkan ide Arthur C.Clarke, mantan penerbang Inggris yang mengemukakan idenya bahwa kita bisa berkomunikasi dengan melintasi gunung dan lautan.
Hingga pada tahun 1957 Rusia berhasil meluncurkan Satelit pertamanya yang diberi nama SPUTNIK. Peluncuran patelit ini sebagai awal perlombaan teknologi angkasa luar antara Rusia danAmerika. Lima tahun setelah peluncuran SPUTNIK ini, Amerika berhasil meluncurkan satelitnya yang pertama dengan nama TELSTAR pada tanggal, 10 Juli 1962. Kemudian disusbl dengan satelit ERLY BIRD pada tahun 1965.
Indonesia sendiri menjadi anggota Intelsat pada tanggal, 9 Junil967 yang didirikan di Stasiun Bumu Jatiluhur yang diberi nama Satelit PALAPA. Dengan menggunakan sitelit ini, komunikasi yang terjadi di negara Indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Misalnya adanya telepon, perluasan jaringan Televisi, dan Radio.
Potensi satelit adalah untuk menerima dan memancarkan kembali sinyal siaran ke seluruh tempat yang dapat dijangkaunya. Hal ini memungkinkan siaran radio dan televisi dapat djiterima di mana saja sepanjang dapat ditangkap oleh antena stasjun bumi. Dengan kata lain, manfaat yang utama dari adanya' teknologi satelit adalah untuk keperluan penyiaran baik radio maupun televisi.
Sehubungan dengan banyaknya permintaan akan pelayanan satelit maka FCC di AS menerima rencana spasi verbal 2 untuk C-band (6,4 GHz) dan Ku-band (12/14 GHz) pada bijur spasi orbital, meliputi Amerika Serikat. Pada tahun 1987 diharapkan spasi orbital dapat dikecilkan menjadi 2'C dan pelaksanaan segera spasi 2' Ku-band.
Dalam perkembangannya, pemakaian Ku-band meningkat lebih cepat dibandingkan pemakaian frekuensi C-band. Hal ini dikarenakan pemakaian frekuensi C-band lebih sulit dan banyak permasalahannya. Salah satu faktor pemindahan dari C-band ke Ku-band adalah bahwa slot orbital untuk C-band sudah hampir semuanya terisi, dan kemungkinan yang lebih baik adalah dengan penggunaan Ku-band.

2.3  ERA GENERASI PERKEMBANGAN KOMPUTER
2.3.1 Generasi  1
Pada generasi pertama ini beberapa komputer dengan kemampuan sederhana telah ditemukan, beberapa merupakan komputer yang dibuat semata-mata untuk membantu kegiatan peperangan yang sedang marak terjadi di berbagai belahan dunia.
Awal generasi konputer ditandai dengan kemampuan komputer untuk menyimpan program dalam memori. Sebelumnya komputer mekanik dan elektrik tidak menyimpan program dalam memori, tapi program-program ditulis dalam kartu yang dilubangi kemudian dieksekusi yang disebut dengan punch card. Pada komputer stored-program komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan menggunakan bahasa mesin yang terdiri dari bilangan 1 dan 0. Komputer yang ada di generasi pertama antara lain:

A.  ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
ENIAC dirancang oleh Dr. J. Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly dari Moore School, Universitas Pennsylvania pada tahun 1943 dan selesai pada tahun 1945.Secara fisik ENIAC adalah komputer raksasa yang beratnya mencapai 30 ton dan bisa dimasukin manusia karena ukurannya yang sangat besar. Sebagai perangkat inputnya digunakan card reader IBM dan perangkat outputnya digunakan punch card. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah tabung hampa yang merupakan karakteristik dari komputer generasi pertama.
( ENIAC )
Komponen utama dari ENIAC terdiri dari rangkaian dasar yaitu sebagai berikut:
·      Akumulator, berfungsi sebagai register pemroses (kemampuan membaca), ENIAC mampu melakukan 5000 penjumlahan atau pengurangan sederhana dalam tiap detiknya.
·      Inisiator, melakukan tugas-tugas khusus seperti melakukan power atau mematikannya.
·      Pemrogram utama, berfungsi untuk mengendalikan eksekusi program.
·      Multiplier, berfungsi sebagai bagian dari proses utama, ENIAC dapat melakukan 385 operasi perkalian perdetik.
·      Pembagi/pencari akar pangkat, dapat melakukan 40 proses pembagian perdetik dan 3 proses pencarian akar pangkat per detik.
·      Gate, melakukan operasi logic ‘AND’.
·      Buffer, melakukan operasi logic ‘OR’.
·      Pencetak, berfungsi untuk menampilkan hasil proses.
·      Unit sinkronisasi, berfungsi untuk proses sinkronisasi antar komponen.
·      Tabel fungsi, digunakan untuk pemrograman.

Namun seiring berkembangnya jaman dan banyak ditemukan penemuan-penemuan baru maka ENIAC pun mulai ketinggalan dari yang lain pada saat itu. Dan pada tahun 1955 ENIAC secara resmi dimatikan.

B.   EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
EDVAC merupakan kelanjutan dari ENIAC. Eckret dan Mauchly secara resmi mempublikasikannya pada tahun 1947. EDVAC dirancang sebagai komputer serbaguna, dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
Ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Riset Balistik milik departemen pertahanan Amerika Serikat. Aplikasi yang dapat diselesaikan adalah perhitungan besar sudut rudal balistik sehingga rudal tepat mengenai sasaran. Program sepenuhnya disimpan dalam memori komputer. Ide pembangunan EDVAC tidak terlepas dari konsep dasar komputer modern Dr. John Von Neumann dalam “A very high-speed automatic digital computing system, and in particular with its logical control”.

Beberapa organisasi dasar komputer EDVAC adalah sebagai berikut:
·      Reader-Recorder, berfungsi untuk membaca dan merekam inputan.
·      Control Unit, bagian yang mengendalikan dan mengelola seluruh komponen komputer.
·      Dispatcher (Pengatur), bagian ini berfungsi sebagai penterjemah permintaan dari bagian kendali dan memori dan meneruskan jalur kendali pada komponen-komponen lain.
·      High-speed Memory, terdiri dari dua buah bagian memori, masing-masing memorinya memiliki 64 baris dan setiap baris memiliki kapasitas 8 word.
·      Computer, berfungsi untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
·      Timer.     

                                              ( EDVAC )
EDVAC cukup efisien dan berarti pada saat itu. Digunakan sampai tahun 1961 sebelum digantikan oleh BRLSEC komputer elektrinik pertama yang sepenuhnya dirancang oleh BRL (Ballistics Research Laboratory)

C.  UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
UNIVAC merupakan rancangan Eckret dan Mauchly berikutnya setelah EDVAC. Mereka mendirikan perusahaan “The Eckret-Mauchly Computer Company” dengan UNIVAC I sebagai produk pertamanya. Merupakan komputer komersila pertama yang dipasarkan sejak tahun 1951 sampai tahun 1958 telah dibuat 46 buah UNIVAC I untuk berbagai kepentingan seperti biro sensus departemen perdagangan Amerika, Universitas New York, perusahaan asuransi Prudential, dan perusahaan General Electric. Fitur dari UNIVAC I adalah sebagai berikut:
·         Memori utama terdiri dari 1000 word yang masing-masing memiliki 12 karakter.
·         Instruksi terdiri dari 6 karakter alphanumeric.
·         Mampu melakukan 1000 perhitungan per detik.
·         Digit dipresentasikan menggunakan aritmetik excess-3 (“XS3″) BDC (Binary Codec Decimal).
·         Digunakan untuk aplikasi bisnis dan administrasi.

                                                       ( UNIVAC )
Komputer-komputer diatas merupakan sedikit dari komputer yang diciptakan pada generasi pertama. Masih banyak lagi komputer yang dirancang pada generasi pertama dengan perusahaan yang berbeda.
Ciri-ciri umum dari komputer generasi pertama adalah sebegai berikut :
1.      Teknologi dasarnya menggunakan tabung hampa (Vaccum Tube).
2.      Program dibuat dengan bahasa mesin.
3.      Menggunakan konsep Stored-program.
4.      Memori utama menggunakan teknologi Magnetic Core Storage.
5.      Ukuran fisik komputer besar.
6.      Fisik komputer cepat panas.
7.      Membutuhkan daya listrik yang besar.
Generasi awal ini rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan serta kecepatan pemrosesan yang masih kecil.Kapasitas penyimpanan 1000 - 4000 byte dan Kecepatan pemrosesan 2000 instruksi per detik. Bahasa pemrograman yang digunakan masih bahasa pemrograman tingkat rendah.

2.3.2    Generasi Ke 2
Generasi kedua diawali dengan perubahan teknologi dasar pembangunan rangkaian. Pada generasi pertama teknologi dasar yang digunakan adalah tabung hampa, nah pada generasi kedua teknologi dasar yang digunakan adalah transistor. Transistor adalah semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat, switch, modulasi sinyal dan lain-lain. Fungsi tabung hampa Trioda-Fleming tercakup didalamnya. Transistor secara resmi dibuat pada tahun 1947 oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain dari Bell Telephone Laboratories. Penemuan transistor merupakan awal teknologi komputer generasi kedua sebagai pengganti tabung hampa. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Beberapa komputer pada generasi kedua adalah sebagai berikut:
A.    DEC PDP-1 (Digital Equipment Corporation Programmable Data Processor-1)
DEC adalah perusahaan yang didirikan oleh Ken Olson dan Harlan Anderson pada tahun 1957. PDP-1 adalah mesin 18-bit yang pertama dibangun oleh DEC. Komputer interaktif berukuran kecil. Mesin ini dikenalkan oleh DEC pada tahun 1960 sebagai komputer komersial. Komponen-komponen dasar PDP-1 adalah:
1.      Pemrosesan pusat terdiri dari bagian kendali, elemen aritmatik, pengalamatan memori dan register.
2.      Sistem memori memiliki kapasitas sampai 4096 word (1 word = 18 bit) dan dapat diperluas sampai 65536 word.
3.      Piranti input-output: monitor CRT berdiameter 16 inci dengan 1024 x 1024 titik, light pen danparallel drum.
( DEC PDP-1 )
B.     UNIVAC III
UNIVAC III diperkenalkan pada tahun 1962. Mesin ini merupakan pengembangan dari UNIVAC I dan UNIVAC II. Memorinya dibuat sebagai tumpukan 29 balok dari 4096 core. Bagian pemroses pusat memiliki 15 register indeks. Sistem operasi yang digunakan untuk mengatur sistem dikenal dengan nama CHIEF atau BOSS.
Ciri khas dari komputer generasi kedua adalah sebagai berikut:
·         Teknologi dasar rangkaiannya adalah transistor.
·         Menggunakan bahasa pemrograman seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL, dan lain-lain.
·         Kapasitas memori utama lebih besar dengan kemampuan menyimpan puluhan ribu karakter.
·         Menggunakan memori sekunder berupa magnetic tape dan magnetic disk untuk menambah kapasitas penyimpanan.
·         Aplikasi yang dijalankan untuk bisnis dan teknik.
·         Ukuran fisik lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
( UNIVAC III )
2.3.3    Generasi Ke 3
Transistor merupakan lompatan teknologi yang besar. Para peniliti tahun 1950-an mencoba membuat rangkaian yang terintegrasi dengan teknologi dasar transistor. Usaha ini dilakukan untuk lebih mengefesiensikan kerja komputer. Rangkaian yang terintegrasi akan meningkatkan kecepatan proses. Perpindahan data dari satu kompunen ke komponen lain lebih memerlukan waktu yang sedikit.
Jack S. Kilby seorang karyawan Texas Instrument yang pertama kali memiliki ide untuk menyatukan seluruh komponen dalam satu blok (monolith) semikonduktor. Pada tahun 1958 ide Kilby ini diwujudkan, dia membuat IC (Integrated Circuit) yang pertama. Konsep awal IC sendiri pertama kali muncul pada tahun 1952 dikonsepkan oleh seorang ilmuwan radar Inggris Geoffrey W.A. Dummer namun tidak berhasil mewujudkan rancangannya tersebut.
Penemuan Kilby ini dilanjutkan oleh Robert Noyce yang merancang IC dengan jalur koneksinya sehingga IC dipasarkan secara massal. Penemuan IC merupakan sumbangan besar bagi komputer generasi ketiga. Pada komputer generasi ketiga IC mulai digunakan menggantikan transistor. Berikut komputer dari generasi ketiga :
A.       IBM S/360
Komputer IBM S/360 adalah sebuah mainframe yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya. IBM S/360 merupakan awal komputer modern. Nama IBM S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik. Sistem operasi yang digunakan IBM S/360 adalah:
·         DOS/360 untuk mesin kecil seperti IBM S/360 model 30 dan 40.
·         OS/360 untuk sistem Multiprogramming.
·         TSS/360 untuk sistem Time-Sharing Multi-user.
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
·         Teknologi dasar pembangun rangkaiannya adalah IC.
·         Penggunaan sistem operasi lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan.
·         Piranti output berupa layar terminal yang dapat menampilkan gambar dan grafik.
·         Menggunakan memori sekunder dengan kapasitas yang lebih besar yaitu magnetic disk yang dapat menyimpan jutaan karakter.
·         Memiliki fitur Multiprocessing dan Multiprogramming yaitu dapat memproses sejumlah data dari berbagai sumber yang berbeda dan dapat mengerjakan beberapa program secara bersamaan.
·         Memiliki fitur jaringan, satu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Kecepatan proses yang lebih baik yaitu satu nanoseconds per detik.
·         Kapasitas memori yang lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
·         Penggunaan daya listrik yang lebih hemat.
Di generasi ini kecepatan komputer terus bertambah seiring berkembangnya perkembangan jaman, yaitu Kecepatan permrosesannya 10 mips. Dan revolusi yang terjadi pada generasi ini adalah pada tahun 1971 Intel Coorporation membuat mikroprosessor pertama yaitu chip 4004.
( IBM S/360 )

2.3.4    Generasi Ke 4
Pada komputer generasi keempat, teknologi dasar sebagai ciri khasnya adalah penggunaan LSI (Large-Scale Integration) dan VLSI (Very Large-Scale Integration). LSI dan VLSI adalah teknologi pemampatan komponen elektrik dalam satu chip/IC. Klasifikasi chip IC berdasarkan jumlah elektronik didalamnya adalah sebagai berikut:
·         SSI (Small-Scale Integration): sampai 100 komponen elektronik per chip.
·         MSI (Medium-Scale Integration): dari 100 sampai 3000 komponen elektronik per chip.
·         LSI (Large-Scale Integration): dari 3000 sampai 100000 komponen elektronik per chip.
·         VLSI (Very Large-Scale Integration): 100000 sampai 1000000 komponen elektronik per chip.
·         ULSI (Ultra Large-Scale Integration): lebih dari 1 juta komponen elektronik per chip.

Pada dasarnya teknologi dasar yang generasi ketiga dan keempat tidak berbeda. Perbedaan terletak pada tingkat pemampatan generasi keempat lebih tinggi dibandingkan dengan generasi ketiga. Pemampatan komponen adalah hal yang logis karena dua alasan yaitu ekonomis dan cepat. Semakin mempat maka biaya yang digunakan untuk membangunnya akan semakin sedikit, sebaliknya kecepatannya semakin tinggi karena jarak antarkomponen yang semakin dekat. Komputer yang mewakili generasi keempat adalah sebagai berikut:

A.     IBM S/370
IBM meluncurkan seri IBM S/370 pada tahun 1970. Mesin ini menggunakan chip LSI sebagai teknologi dasarnya. Memori utama kecepatan tinggi menggunakan chip silikon tunggal. Menambah kapasitas memori dengan RCS. Kode dasar kumpulan instruksi S/370 disimpan dalam RCS termasuk juga fungsi kendali. Komputer saat itu tidak hanya digunakan untuk tujuan khusus seperti perang dan lain-lain, tapi bidang bisnis sangat mendominasi penggunaan komputer. Komputer pada generasi ini sudah memiliki Kapasitas penyimpanan sebesar 3 Mb dan Kecepatan pemrosesan sebesar 100 mips sampai 1 bis (milyar instruksi per detik).
( IBM S/370 )
2.3.5    Generasi Ke 5
Generasi kelima ditandai dengan teknologi paralel dan networking. Sudah mengenal internet. Awalnya hanya sebatas antar universitas saja, namun karena teknologi yang semakin maju kini dunia ini terasa tidak ada batas jarak dan waktu. Sudah banyak ditemukan web browser dan jangkauan komunikasi diseluruh dunia semakin tidak terbatas jarak dan waktu. Sampai saat ini adalah komputer generasi kelima yang semakin canggih dan sedang dilakukan penelitian tentang komputer generasi keeman yang pastinya akan lebih praktis, efisien, dan hemat waktu dan biaya.
Pada generasi kelima seluruh dunia dihubungkan dengan internet dan  tidak mengenal batas, jarak, dan waktu.Dan untuk contoh komputer yang digunakan, bisa dilihat dari yang digunakan sekarang, mulai dari notebook super tipis, kemunculan tablet serta handphone yang awalnya berfungsi sebagai alat komunikasi sudah bisa melakukan tugas seperti computer


BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN

Informasi komunikasi merupakan basic social process dalam kehidupan manusia. Satu hal yang sangat fundamental dan sangat diperlukan dalam kehidupan setiap manusia. Tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi dengan sesamanya dan tidak akan berkembang.
Fenomena inilah yang membuat komunikasi terus mengalami perubahan dan perkembangan. perkembangan dan perubahan ini bisa saja berjalan dengan pelan, tetapi ada yang berjalan berjalan sangat cepat karena adanya pertentangan antara paradigma yang terdahulu dengan paradigma yang baru muncul dan sering disebut dengan revolusi. Beberapa ahli berpendapat bahwa revolusi yang terjadi adalah revolusi teknologi komunikasi. Tetapi ebetulnya, tidak akan pernah ada revolusi teknologi komunikasi tanpa ada revolusi ilrnu komunikasi. Karena kedua hal ini tidak bisa dipisahkan dan saling mendukung.
Di satu sisi revolusi ilmu teknologi informasi komunikasi membawa dampak pada perkembangan  ilmu itu sendiri dan sekaligus menjadi dasar bagi revolusi teknologi informasi komunikasi, tetapi di sisi yang lain revolusi dalam dua perspektif ini membawa pengaruh yang tidak diinginkan. Pengaruh globalisasi misalnya, yang membawa pengaruh budaya luar yang seringkali tidak kembali pada prinsip bahwa komunikasi sebagai basic social process dalam kehidupan manusia, maka baik revolusi ilmu komunikasi maupoun revolusi teknologi informasi komunikasi diharapkan dapat membawa dampak yang positif dalam kehidupan manusia.



3.2   SARAN

Dalam kemajuan teknologi komputer maka diharapkan agar perkembangan komputer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa. Kemajuan komputer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.


DAFTAR PUSTAKA


Wahono, R.S. 2006. Sejarah Komputer. IlmuKomputer.com.



BACA JUGA : SOAL DAN JAWABAN UAS PTI


----------------------------------------------------------------------------------------------------

contoh makalah perkembangan teknologi informasi , makalah teknologi informasi terbaru , makalah tentang teknologi informasi , contoh makalah PTI , makalah teknologi informasi lengkap , download makalah tentang teknologi informasi , tugas makalah tentang pengantar teknologi informasi , makalah PTI , contoh makalah PTI , makalah PTI lengkap



Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU