Besaran dan satuan apa saja yang digunakan (praktis) dalam sistem komputer




SOAL FISIKA TEKNIK :


Besaran dan satuan apa saja yang digunakan (praktis) dalam sistem komputer ?


Satuan utama dalam dunia komputer adalah ukuran data yaitu bit dan byte. Hubungan bit dan byte adalah 1 byte adalah jumlah atau gabungan dari 8 bit. 

Satuan bit dan byte kemudian dipakai sebagai besaran yang paling sering dipakai dalam dunia IT, mulai dari skala terkecil sampai yang terbesar.

Ukuran kapasitas daya tampung dari hard disk dan memory ditentukan dalam satuan byte, kilobyte sampai dengan skala Megabyte, Gigabyte sampai Terabyte. 

Gambaran yang nyata tentang seperti apa besaran 1 byte sampai 1 tera bisa dipahami dengan penjelasan berikut;



a. 8 bit yang membentuk sebuah byte atau 1 byte adalah sama dengan ukuran satu karakter huruf yang kita ketikan pada sebuah notepad. Ketikan  satu karakter huruf pada notepad dan kemudian safe file tersebut. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih properties dan anda akan menemukan ukuran sebenarnya dari file tersebut.
b. Mengetahui ukuran 1byte dan hubungannya dengan file pada komputer kita maka bisa kita bayangkan seberapa besar harddisk 500GByte kita mampu menyimpan karakter yang kita hasilkan dari file dan data pada komputer kita. 500 GB atau 500 miliar byte berarti ada 500 miliar karakter tulisan dan symbol karakter yang mampu disimpan pada hard disk seukuran itu.

Kemampuan atau performa dari komputer yang biasanya selalu jadi pusat perhatian dan juga cukup popular adalah kecepatan atau kapasitas olah data dari sebuah Central Processing Unitatau CPU. Kecepatan CPU biasanya ditentukan oleh clock rate yang dihitung dalam satuanHertz.
Clock rate ditentukan oleh jumlah frekuensi dari crystal oscillator, di mana crystal oscillator berfungsi untuk menghasilkan sinyal-sinyal elektrik dengan tingkat ketepatan yang tinggi, sinyal tersebut kemudian lalu diproses oleh CPU. Semakin tinggi nilai clock rate CPU maka semakin besar atau semakin banyak sinyal elektrik yang bisa diproses oleh processor dari sebuah komputer. Satuan dari clock rate CPU adalah Hertz, MHz atau juta Hertz dan juga GHz atau miliar Hertz. 
Selain clock rate ada satuan lain yang biasa terlampir pada spek CPU sebuah komputer yaitu cache, cache adalah kemampuan untuk menampung data secara sementara  sebelum diproses. Semakin tinggi kemampuan atau nilai dari cache semakin baik kinerja dari CPU itu. Satuan cache adalah Byte atau untuk menyingkat penulisan, digunakan satuan MB untuk menyatakan Juta Byte.’
Untuk networking satuan yang dipakai juga berdasarkan pada bit dan byte, kecepatan transfer dihitung berdasarkan jumlah data yang dikirim dibagi dengan rentang waktu data tersebut sampai ke tujuan. Satuannya adalah byte per detik atau byte per second dan atau bit per second. Untuk jumlah data yang besar biasanya kecepatan transfer ditulis dalam MBps untuk megabyte per second dan Mbps untuk mega bit per second.
Untuk urusan hardware terdapat beberapa satuan yang harus diketahui misalnya ukuran rack unit atau RU atau U dan juga ukuran dimensi dari harddisk komputer 
Ukuran rack unit biasanya dipakai untuk menentukan berapa besar dimensi dari sebuah perangkat yang casing-nya harus dipasang atau di-mounting dalam sebuah rack. Dimensi dari perangkat-perangkat seperti server, router, firewall, switch,  untuk mempermudah dalam menentukan pemakaian ruang pada rack biasanya ditentukan dengan ukuran U.
Tentunya satuan U memiliki ukuran yang terkonversi dengan satuan seperti cm dan atau inci.  1 U sama dengan 1,75 inch dan jka 1 inch sama dengan 2,54 cm maka 1 U adalah  atau  sama dengan 4,445 cm.
Untuk ukuran dimensi perangkat hardidisk dibagi atas dua yaitu:
a.  2.5” atau 2.5 Inch; hardisk jenis ini biasanya dipakai pada komputer type laptop atau notebook.
b.  3.5 atau 3.5 inch; haridisk jenis ini biasanya dipakai pada komputer jenis desktop.

Dengan mengetahui arti dan maksud dari satuan dari yang biasa dipakai pada dunia komputer maka kita bisa sedikit memahami sehingga tidak melakukan kesalahan yang sifatnya mendasar.


Manfaat mengetahui arti dan maksud dari satuan antara lain :

  1. Anda tidak salah saat membeli perangkat tambahan seperti harddisk dan sebagainya.
  2. Tidak salah dalam menentukan ruang yang tersisa pada sebuah rack.
  3. Tidak mudah terkecoh oleh promosi kecepatan data yang ditawarkan oleh penyedia.

Sebenarnya masih banyak satuan-satuan lain yang dipakai untuk menunkukkan ukuran stadarisasi dari perangkat atau pun segala hal yang terkait dengan dunia IT dan komputer.
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU