Keterkaitan Ilmu Komputer dengan Ilmu Fisika


Apa saja keterkaitan ilmu komputer dengan ilmu fisika?

Keterkaitan Ilmu Komputer dengan Ilmu Fisika via www.educatinghumanity.com

Menurut saya, Keterkaitan Ilmu Komputer dengan Ilmu Fisika meliputi beberapa contoh seperti dibawah ini:

1. Komputer dapat digunakan untuk menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata melalui visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Melalui animasi dapat dibuat suatu konsep yang lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari fisika.

2. Perangkat Lunak Untuk Membantu Pekerjaan Komputerisasi Fisika

Dari latar belakang tersebut berkembanglah perangkat lunak untuk membantu pekerjaan komputasi fisika diantaranya mulai dari yang open source sampai yang berbayar adalah :

The Open Source Physics (OSP)

Projet yang didanai oleh dana riset untuk mengembangkan suatu pustaka Java berupa framework simulasi untuk module pengajaran fisika yang meliputi material pengajaran mulai dari fisika klasik,fisika statistik,kuantum mekani dan fisika komputasi.
http://www.opensourcephysics.org/
Matlab adalah suatu solusi ideal yang banyak dipakai. mempunyai lingkungan yang mudah untuk mengimplementasikan metode komputasi yang dipelajasi di kelas dan sedikit pengetahuan tentang programing.
http://www.mathworks.com/products/matlab/

LabVIEW adalah memcoba mengenalkan kemampuan programing ke dalam penelitian dan pengenalan fisika modren,optik dan fisika klasik.
http://www.ni.com/labview/
dan lain sebagainya.

3. Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Sebagai media pembelajaran berbasis computer, komputer mempunyai fungsi sebagai :
a. Media Presentasi Pembelajaran (MPP) 
MPP adalah alat bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Media ini berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. Dalam penggunaannya diperlukan improvisasi dari guru dalam transformasi materi ke siswa. Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain, perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP.

b. VCD Media Pembelajaran (VMP)

VMP adalah materi pelajaran yang dikemas secara audio-visual yang merupakan hasil proses kreatif (shooting)

c. Software Pembelajaran Mandiri (SPM)
SPM adalah bahan belajar yang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri sehingga peran guru tidak dominan. Dalam media ini kedalaman materi dan interaktivitas media diharapkan mampu memunculkan Stimulus dan respon siswa Dari berbagai pendapat tentang arti media pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Dengan kata lain, media pendidikan adalah perangkat lunak (software) dan atau perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat belajar atau alat bantu belajar.

Kegunaan utama komputer adalah untuk simulasi, penanganan data, teknologi informasi dan pengolahan kata. Melalui pemrograman, komputer mampu mem-visualisasikan materi-materi pelajaran yang sulit untuk disajikan, terutama mengenai fenomena fisis yang bersifat abstrak, misalnya gerak parabola, penjalaran gelombang, gerak lurus beraturan, gerak melingkar beraturan, arus listrik, medan magnet, medan listrik, peristiwa elektrolisis dan sebagainya.
Pengajaran fisika berbantuan komputer dapat dibuat lebih menarik lagi dengan menggunakan program adobe flash, Microsoft office excel, photoshop, corelDRAW yang kemudian dipadukan dalam program powerpoint. Program-program ini yang dapat memberi kesan gambar tiga dimensi, warna yang lebih tajam, animasi dan simulasi yang dipadukan dengan teks dan suara. 
Sehingga gejala-gejala fisis dapat ditampilkan dengan lebih menarik dan berkesan. Penggunaan komputer ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar yang menarik, inovatif dan merangsang serta menantang rasa ingin tahu siswa yang kemudian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


keywords : keterkaitan ilmu komputer dengan ilmu fisika , ilmu komputer dengan ilmu fisika , komputer fisika , hubungan komputer dan fisika
Previous
Next Post »

BOOKING SEKARANG JUGA !!!

google-site-verification=8UW9sNsKa0tUio1ZmpSscLiDjFmXaxwYZTxk9tXJ2jU